Eva Rosita S.Pd

Sambutan Kepala Sekolah

Remaja yang berprestasi dan bahagia tumbuh berkat kerjasama yang dinamis antara orangtua dengan sekolah. Pada masa peralihan yang penuh dinamika, pendampingan menjadi faktor utama berkembangnya kecerdasan emosional, spiritual, intelektual, dan adversitas secara optimal. Sebagai partner orangtua dalam mendidik putra dan putri, SMP Quantum Inti Indonesia memiliki fokus untuk mengembangkan life skill  mereka sehingga dapat menjawab tantangan penguasaan kompetensi abad 21.

Segenap tenaga pendidik SMP Quantum Inti Indonesia berkomitmen untuk menyajikan pembelajaran yang melibatkan kemampuan high order thinking yang dikemas secara mudah dan menyenangkan. Di samping itu, kecintaan terhadap budaya nasional ditanamkan melalui berbagai kegiatan dengan cita-cita bahwa putra dan putri dapat tumbuh menjadi generasi muda Indonesia yang kelak mampu menjadi bagian dari masyarakat dunia yang berkualitas.

Program Unggulan

1. MIND MAP DAN TULIS SUSUN

Tehnik pencatatan mind map diperkenalkan oleh Tony Buzan dan terbukti dapat mempermudah, membantu peserta didik dalam mengembangkan ide, memahami konsep, serta mengingat informasi. Kebebasan mengeksplor, menggunakan kata kunci, bentuk, gambar, dan warna saat mencurahkan pemikiran memberikan kesempatan bagi peserta didik dengan dominan kinerja otak kanan maupun kiri untuk belajar secara optimal. Di samping mind map, tehnik pencatatan lain yang juga diaplikasikan di kelas adalah tulis susun. Pada metode tulis susun, peserta didik dapat mencatat informasi yang berkaitan dengan pembelajaran dan menuliskan pemikiran atau perasaan mereka pada kolom yang berbeda.

2. CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITIES

Kepedulian terhadap sesama dan lingkungan ditumbuhkembangkan sejak remaja. Peserta didik diajak berfikir kritis untuk melakukan hal konkrit untuk komunitas sekitar. Ragam kegiatan yang dilaksanakan diantaranya mengelola sampah yang ada di lingkungan, mengumpulkan dan menyalurkan buku, pakaian, serta makanan kepada masyarakat yang membutuhkan, membuat dan menyumbangkan produk yang bisa dimanfaatkan orang lain, serta melakukan kunjungan kemanusiaan.

3. PUBLIC SPEAKING

Memiliki kemampuan berkomunikasi dan tampil percaya diri di depan umum tentu diinginkan oleh remaja maupun orang dewasa. Communication skill yang merupakan salah satu kompetensi abad 21, mutlak diperlukan agar peserta didik bisa masuk dalam persaingan berkualitas di masa depan. Lalu bagaimanakah keterampilan ini diajarkan di sekolah? Public speaking dimulai dari tahap sederhana berupa presentasi di kelas dan dibimbing secara intensif. Pada tahap selanjutnya, peserta didik meningkatkan kemampuan untuk bisa berkomunikasi di depan audiens yang lebih banyak.

4. ARMADA HEBAT INSPIRING

Remaja yang bahagia dan berprestasi memiliki konsep diri yang positif. Armada Hebat Inspiring merupakan pelatihan yang diperuntukkan bagi remaja untuk menemukan jati diri dan mengatasi kendala melalui berbagai metode seperti relaksasi, EFT (Emotional Freedom Techniques), poison pen, dan lain-lain. Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini difasilitasi oleh trainer, praktisi, dan hypnotherapist.

5. OVERSEAS LEARNING ADVENTURE

Now students can learn and travel. Overseas Learning Adventure merupakan program opsional yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Sejak tahun 2015, SMP Quantum Inti Indonesia telah bekerjasama dengan berbagai sekolah, institusi, dan universitas di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang. Kunjungan yang dilakukan meliputi observasi, sit in, touring, dan wawancara. Selain itu, peserta didik juga diajak untuk mengeksplor berbagai tempat ikonik di negara-negara tersebut.

6. CROSS CULTURAL UNDERSTANDING

Sekolah Quantum Inti Indonesia memvisualisasikan bahwa di masa depan, remaja sebagai bagian dari masyarakat dunia akan hidup berdampingan  dengan berbagai bangsa. Agar dapat berinteraksi secara dinamis, maka diperlukan pemahaman terhadap berbagai budaya yang dituangkan dalam beberapa program sekolah. Salah satunya adalah pengenalan bahasa dan budaya Jepang melalui  kegiatan akademis dan  kunjungan belajar ke negara tersebut.

Media Belajar

Modul