Janwarisman Damanik, M. Si.

Sambutan Kepala Sekolah

Fokus utama pendidikan di SMA Quantum Inti Indonesia adalah membentuk kemandirian sehingga menjadi manusia yang dewasa dan utuh secara emosional, spiritual, intelektual, dan adversitas. Untuk sampai kesana, siswa perlu dibimbing untuk aktif mengelola proses dan hasil belajarnya, memiliki kontrol atas aktifitas belajarnya secara mandiri (learning how to learn), memiliki kesadaran diri, memiliki perspektif global, berelasi dengan lingkungan alam dan masyarakat, serta menghargai perbedaan.

Pada proses belajarnya, siswa dibimbing agar mampu merumuskan permasalahan, kreatif mencari cara penyelesaian, terampil dalam mengomunikasikan (mengekspresikan), dan bekerja-berpikir-bersikap secara tepat dan teliti. Demikianlah kami membekali siswa menjadi “terdepan” dan siap berkompetisi dalam abad 21 yang penuh perubahan yang cepat dan sering tidak terprediksi. Inilah tujuan akhir pendidikan di SMA Quantum Inti Indonesia, menjadi insan yang berilmu, berkarakter, dan berperilaku baik.

Program Unggulan

1. Pengembangan Living Values

Mengajak siswa untuk bersama-sama menghayati dan menghidupi nilai-nilai spiritual dan moral universal dalam hidup sehari-hari di sekolah, di rumah, dan masyarakat, melalui Kegiatan Keagamaan dan CSR.

2. Pengembangan Psikologi dan Personalitas Remaja

Melatih siswa untuk mengenali emosi positip dan negatip (emotional awareness) yang menjadi akar sikap dan perilaku yang muncul dalam interaksi sehari-hari. Lalu, siswa didorong untuk memilih mengeksplorasi emosi positip dalam upaya re-programming hidupnya agar semakin baik dan berkualitas. Emosi positip merupakan landasan untuk hidup sukses saat ini dan masa yang akan datang. Sejumlah kegiatan pendukungnya antara lain Armada Hebat Inspiring (Pelatihan Remaja Mandiri), Individual Educational Program (IEP), Program Live In, Bimbingan dan Konseling, dan OSIS.

3. Pengembangan Kecerdasan Adversitas

Mendorong siswa untuk mampu melihat peluang/kesempatan dalam setiap tantangan/persoalan/kesulitan/atau ujian yang dihadapi. Siswa diajak memahami dan menghargai pentingnya proses yang baik dan benar untuk memperoleh hasil yang berkualitas baik dan unggul. Dari proses tersebut akan tumbuh mental yang tangguh, disiplin, dan kebiasaan untuk berjuang mencapai keinginan. Kegiatan pendukung pengembangan kecerdasan adversitas ini antara lain Back Packer Overseas Learning Adventure, Live In, Fun Camp (Camping dan Pelatihan Kemandirian), LDKS, dan Pramuka.

4. Penguatan Budaya Sekolah Dan Nasionalisme

Membuka dan menambah wawasan siswa untuk menghayati nilai-nilai kekeluargaan dan kekhasan Quantum Indonesia, antara lain kesantunan (menghormati yang lebih tua, menghargai yang lebih muda), menghargai keragaman dan perbedaan, kerja sam tim, berbagi informasi positip, saling mendukung, dan melaksanakan komitmen bersama. Di samping itu, siswa juga didorong untuk mengembangkan sikap cinta tanah air dan bangsa Indonesia. Bentuk kegiatan pendukungnya adalah Kegiatan Kebersamaan, Peringatan Hari Besar Nasional, Upacara Bendera, Pramuka, Field Trip Budaya.

5. Pembinaan Kepribadian melalui Kurplus dan Ekstrakurikuler

Mengembangkan kepribadian dan potensi siswa di bidang seni, olah raga, komunikasi berbahasa, dan bidang vokasi untuk keterampilan hidup lainnya. Kegiatan pendukungnya antara lain Kurikulum Plus (kurplus) Character Building, Seni: Musik Tradisional, Musik Modern, Tari Tradisional, Lukis; Kurplus Olah raga: Futsal, Mini Soccer, Basket, Pencak Silat, Renang.

6. University Preparatory Program

Memberikan persiapan masuk dan pengalaman belajar di PT sehingga muncul motivasi untuk mencapai pendidikan tinggi melalui kegiatan persiapan SN/SBMPTN, kunjungan universitas, dan University Fair.

7. Advisory Program

Menyediakan lingkungan dan dukungan belajar agar lebih berprestasi sesuai kekhasan masing-masing melalui kegiatan Matrikulasi, Bimbingan Intensif untuk prestasi (OSN, US/UN).

7. Persiapan Masuk Dunia Kerja (Internship Program)

Menyediakan kesempatan untuk mengalami dunia kerja sesuai dengan minat bakat siswa.

Media Siswa

Modul Siswa