KB-TK Quantum Inti Indonesia

Ai Listriani, S.Pd

Sambutan Kepala Sekolah

All children are born geniuses”, pepatah ini tentunya sudah sering kita dengar.  Saya pun sangat meyakini pepatah tersebut. Saya meyakini setiap anak terlahir dengan keunikan dan bakat kecerdasan masing-masing. Mengapa demikian? Sedikit saya gambarkan dari sisi neuroscience, bahwa setiap anak terlahir dilengkapi dengan otak yang luar biasa. Satu organ ini terdiri dari 1 triliun sel otak, dimana 100 milyar sel otak aktif dan 900 miliar sel otak pendukung.  Namun yang wajib disadari oleh kita sebagai orang tua adalah jumlah sel otak yang luar biasa ini hanyalah sebuah potensi yang perlu distimulasi dan dikembangkan. Semakin banyak stimulasi maka akan semakin banyak koneksi antar sel otak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa otak anak akan berkembang maksimal dalam lingkungan yang kaya dengan stimulus multisensori dan tantangan berpikir. Namun waktu kita tidak banyak, kenapa? Karena masa perkembangan terpesat otak hanya terjadi ketika anak berusia 0 hingga 6 tahun.

Lalu pertanyaan selanjutnya, siapkah kita sebagai orang tua mengakomodir perkembangan terpesat mereka?, terlebih di masa kemajuan teknologi saat ini. Butuh upaya ekstra, strategi, ketegasan, konsistensi, dan pemahaman tentang konsep bagaimana mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan perkembangan mental anak.

Menjawab tantangan tersebut, KB-TK Quantum Inti Indonesia hadir sebagai partner bagi orang tua yang menyadari bahwa anak pada usia 0 hingga 6 tahun berada pada masa perkembangan terbaiknya. Kami hadir untuk membantu mengembangkan berbagai potensi dan tumbuh kembang  putra-putrinya, karena kami meyakini “Anak adalah investasi masa depan, mereka terlahir untuk menjadi JUARA”.

Program Unggulan

1. Kurikulum Mengacu pada Early Childhood Development Standard.

KB-TK Quantum Indonesia mengembangkan kurikulum yang mengacu pada standar perkembangan anak sesuai rentang usianya (Early Childhood Development Standard). Kami mengakomodir dan menstimulasi aspek fisik motorik, nilai agama, bahasa, kognitif, sosial emosional dan seni. Keenam aspek ini yang menjadi dasar pengetahuan dan keterampilan anak menuju jenjang pendidikan dasar.

Di dalam kurikulum KB-TK Quantum Indonesia, kami  melakukan observasi dan asesmen, serta matrikulasi untuk mengetahui data awal perkembangan anak didik apakah berada dalam perkembangan yang sesuai atau malah terhambat dan justru sebaliknya sudah berkembang melebihi standar. Ketika anak sudah berkembang sesuai dan bahkan melebihi standar, maka kami akan mengelola agar keterampilannya semakin matang dan kami stimulasi ke tingkat yang lebih tinggi. Sedangkan jika anak didik menunjukkan adanya hambatan, maka akan dilakukan penanganan secara individu.

2. Practical Life Programe

Usia golden age pada anak usia dini merupakan masa dimana terjadinya perkembangan yang paling pesat sepanjang kehidupan anak.  Di masa ini sangat tepat untuk membentuk perilaku-perilaku positif agar tertanam kuat sehingga anak memiliki konsep diri dan kepribadian yang baik. Salah satu perilaku positif yang perlu ditanamkan adalah perilaku mandiri, disiplin, dan santun. Perilaku ini dilatihkan di KB-TK Quantum Indonesia melalui kegiatan rutin yang disebut dengan Practical Life Programe.

3. Me and Daddy Time

Ada yang seru jika anda datang di momen Me and Daddy Time yang diselenggarakan KB-TK Quantum Indonesia. Kenapa begitu? Karena di moment ini anak hadir bukan bersama ibunya, tapi mereka mengahbiaskan waktu berkualitas bersama ayahnya dengan melakukan kegiatan bersama di sekolah. Ragam ketangkasan hingga kegiatan motorik halus dilakukan bersama-sama. Dari moment inilah, anak belajar secara seimbang selain dari figur ibu, tapi juga dari figur ayah.

4. Library Time

Buku adalah jendela Dunia. Melalui buku, kreativitas dan imajinasi akan semakin berkembang tanpa batas. Untuk itu, menumbuhkan minat cinta buku dan karakter gemar membaca sejak dini merupakan salah satu goal Sekolah Quantum Inti Indonesia. Salah satu program literasi kami yaitu Library Time dilaksanakan dalam keseharian proses pembelajaran di KB-TK SQII.

Adapun dalam Library Time, peserta didik diajak untuk mencari buku kesukaan mereka yang terdapat di Perpustakaan. Selain itu, mereka pun diajak menyimak story telling yang disampaikan oleh guru kelasnya.

5. Morning Meeting dan Brain Gym

Hal yang paling menyenangkan di KB-TK Quantum Inti Indonesia salah satunya adalah melihat anak-anak tersenyum ceria di setiap pagi. Yang membuat mereka tersenyum bahagia tentunya  karena mengikuti kegiatan permainan pagi dan kegiatan brain gym. Diiring musik yang berirama menyenangkan membuat anak-anak semakin senang dan larut dalam permainan tepuk dan lagu, serta melakukan berbagai tantangan brain gym. Kegiatan permainan pagi ini kami namakan dengan Morning Meeting dan Brain Gym. Morning Meeting ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan gerak anak-anak di pagi hari, serta memfasilitasi anak untuk lebih relaks dan nyaman (alfa zone), sehingga anak-anak lebih siap untuk menerima berbagai stimulasi dan tugas perkembangan di Sekolah.

6. Program Ibadah Rutin

Masa perkembangan anak usia dini sangat berkaitan erat  dengan momen pembentukan kepribadian anak. Jika orang tua mendesain konsep diri anaknya memiliki kepribadian positif, sangatlah tepat jika mereka berada di KB-TK Quantum Indonesia.  Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena KB-TK Quantum Inti Indonesia memiliki program-program pembentukan kepribadian dan karakter positif salahsatunya karakter religius. Anak-anak setiap harinya akan melaksanakan kegiatan ibadah pagi dan siang secara rutin. Mereka pun dimotivasi untuk mengenal dan memahami agama yang dianutnya melalui pendidikan akhlak dan penguatan pendidikan karakter.